Kesehatan

Dapat Melembapkan Kulit, Apa Itu Lanolin?

50
×

Dapat Melembapkan Kulit, Apa Itu Lanolin?

Share this article

JakartaLanolin adalah salah satu zat yang digunakan terdapat pada beberapa produk-produk perawatan kulit. Zat yang digunakan berbagai ditemukan pada bulu domba ini ternyata memang sebenarnya dapat memberikan banyak khasiat terkait kesegaran kulit.

Dilansir dari Clinically, lanolin kerap bermetamorfosis menjadi substansi pada item perawatan lapisan kulit dan juga pelembap yang kuat, teristimewa yang dibuat untuk epidermis kering atau sensitif. Ester, alkohol, kemudian asam lemak membentuk lanolin, yang mana bersama-sama membentuk pelindung pada dermis yang digunakan mempertahankan kelembaban serta menjaga dari hilangnya air. 

Meskipun banyak diyakini aman untuk digunakan pada perawatan kulit, lanolin tetap mempunyai prospek risiko lalu kerugian. Manfaat lanolin di perawatan epidermis antara lain kualitasnya yang dimaksud menenangkan, menyembuhkan, melindungi, juga melembabkan.

Karena kualitas istimewanya, lanolin merupakan komponen yang digunakan bagus untuk komoditas perawatan epidermis sebagai berikut:

1. Emolien

Lanolin bekerja dengan baik sebagai emolien, artinya dapat menghaluskan lalu melembutkan kulit. Dapat menghidrasi epidermis di waktu yang mana sangat lama dengan menembus berjauhan ke pada lapisannya.

2. Oklusif

Lanolin adalah zat oklusif lain yang dimaksud menciptakan penghalang proteksi pada permukaan kulit. Penghalang ini membantu mempertahankan kelembaban kemudian melindungi dermis dari tekanan lingkungan seperti angin lalu polusi.

3. Menenangkan

Iritasi serta peradangan epidermis dapat dikurangi sebab karakteristik anti-inflamasi dari lanolin. Hal ini kerap digunakan di produk-produk perawatan epidermis untuk dermis sensitif atau epidermis yang digunakan rentan terhadap peradangan dan juga kemerahan.

4. Penyembuhan

Lanolin telah dilakukan terbukti miliki kualitas penyembuhan yang dapat membantu meningkatkan regenerasi dan juga perbaikan kulit. Hal ini banyak ditemukan pada hasil perawatan epidermis untuk lapisan kulit kering, rusak, atau pecah-pecah.

Selain itu, lanolin merupakan materi serbaguna yang mana dapat ditemukan di berubah-ubah hasil perawatan kulit, seperti komoditas bayi, body lotion, krim tangan, juga lip balm.

Meskipun kebanyakan warga tidaklah alergi terhadapnya, komponen ini secara umum dapat digunakan pada hasil perawatan kulit. Sebelum menggunakan produk-produk yang tersebut mengandung lanolin, penting untuk melakukan uji tempel apabila miliki riwayat alergi wol atau lapisan kulit sensitif. 

Dikutip dari Verywell Health, lanolin adalah komponen item perawatan lapisan kulit yang tersebut aman juga berguna yang mana dapat menghidrasi, melindungi, serta menyembuhkan kulit. Carilah item perawatan lapisan kulit yang digunakan mengandung lanolin jikalau menginginkan cara alami untuk menyimpan kesegaran dan juga kelembapan kulit.

Obat ini digunakan sebagai pelembap untuk mengobati atau menjaga dari epidermis kering, kasar, bersisik, gatal, serta iritasi lapisan kulit ringan (seperti ruam popok, luka bakar pada epidermis akibat pengobatan radiasi).

Lanolin adalah zat yang melembutkan lalu melembabkan epidermis juga menurunkan rasa gatal serta mengelupas. Beberapa hasil (seperti seng oksida, petrolatum putih) sebagian besar digunakan untuk melindungi epidermis dari iritasi (misalnya sebab basah). Dilansir dari WebMD, lapisan kulit kering disebabkan oleh hilangnya air pada lapisan menghadapi kulit.

Gunakan hasil ini sesuai petunjuk. Beberapa hasil memerlukan cat dasar sebelum digunakan. Ikuti semua petunjuk pada paket produk. Jika Anda miliki pertanyaan, tanyakan untuk dokter atau apoteker.

Beberapa hasil diperlukan dikocok sebelum digunakan. Periksa labelnya untuk mengetahui apakah Anda harus mengocok botol dengan baik sebelum digunakan. Oleskan ke area lapisan kulit yang terkena sesuai keinginan atau sesuai petunjuk pada label atau oleh dokter Anda.

Seberapa rutin Anda menggunakan obat akan bergantung pada item lalu keadaan epidermis Anda. Untuk mengatasi tangan kering, Anda mungkin saja wajib menggunakan produk-produk setiap kali mencuci tangan, serta mengaplikasikannya sepanjang hari.

Artikel ini disadur dari Dapat Melembapkan Kulit, Apa Itu Lanolin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *