Olahraga

Sanksi UEFA ke Merih Demiral Buat Erdogan Bakal Tonton Langsung Belanda vs Turki di dalam Euro 2024

19
×

Sanksi UEFA ke Merih Demiral Buat Erdogan Bakal Tonton Langsung Belanda vs Turki di dalam Euro 2024

Share this article

Jakarta – Presiden Turki Tayyip Erdogan memutuskan untuk hadir di pertandingan perempat final Euro 2024 atau Piala Eropa 2024 antara Belanda vs Turki di dalam Olimpiastadion, Berlin, pada Minggu, 7 Juli 2024, pukul 02.00 WIB. Ia hadir setelahnya adanya sanksi terhadap pemain Timnas Turki, Merih Demiral, dari Badan Sepak Bola Eropa (UEFA).

UEFA menjatuhkan sanksi terhadap Merih Demiral merupakan larangan dua pertandingan menyusul selebrasi serigala yang dilakukannya pada waktu berhadapan dengan Austria. Selebrasi yang dimaksud kerap dikaitkan dengan kelompok ekstremis sayap kanan Turki, The Grey Wolves, yang tersebut dilarang oleh negara-negara Uni Eropa, satu di antaranya Jerman.

Erdogan membela Demiral. “Adakah yang tersebut bertanya mengapa jersey nasional Jerman bergambar elang, atau jersey Prancis bergambar ayam jago? Merih (Demiral) menunjukkan kegembiraannya dengan gestur itu,” kata Erdogan pada penerbangan dari Kazakhstan, dikutipkan dari Reuters.

UEFA segera melakukan investigasi terhadap selebrasi yang digunakan dilakukan. Mereka juga telah terjadi menjatuhkan hukuman untuk Demiral merupakan larangan bermain pada dua pertandingan. 

“Kami memberikan sanksi untuk Demiral dikarenakan gagal mematuhi prinsip-prinsip umum perilaku, melanggar aturan dasar perilaku yang tersebut layak kemudian menggunakan acara olahraga untuk manifestasi yang dimaksud bersifat non-olahraga,” kata UEFA yang tersebut dikutipkan DW. 

Sanksi ini menjadi pukulan besar bagi Timnas Turki yang akan menghadapi Belanda. Demiral dipastikan akan absen pada waktu Turki menghadapi Belanda pada putaran perempat final Piala Eropa 2024. Dia juga harus absen bila Turki mampu melaju ke semifinal, di mana mereka akan menghadapi pemenang antara Inggris atau Swiss di dalam sesi empat besar. 

Larangan dua pertandingan yang dimaksud dijatuhkan UEFA terhadap Demiral, menurut Wakil Presiden Turki Cevder Yilmaz, tiada dapat diterima. Menurut dia, tindakan yang disebutkan harus diperbaiki. “Keindahan serta kegembiraan sepak bola bukan boleh dibayangi oleh kebijakan politik,” kata Yilmaz pada sebuah postingan dalam platform digital media sosial X.

Pemain Turki Merih Demiral melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Austria di pertandingan putaran 16 besar Euro 2024 pada Stadion Leipzig, Leipzig, 3 Juni 2024. REUTERS/Heiko Becker.

Artikel ini disadur dari Sanksi UEFA ke Merih Demiral Buat Erdogan Bakal Tonton Langsung Belanda vs Turki di Euro 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *