Olahraga

Hasil Euro 2024: Inggris vs Swiss 1-1, The Three Lions Melewati ke Semifinal setelahnya Berhasil Adu Penalti 5-3

17
×

Hasil Euro 2024: Inggris vs Swiss 1-1, The Three Lions Melewati ke Semifinal setelahnya Berhasil Adu Penalti 5-3

Share this article

Jakarta – Laga Inggris vs Swiss hadir pada sesi perempat final Euro 2024 di Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf, Jerman, Sabtu, 6 Juli. Kedua grup bermain 1-1 hingga sesi perpanjangan waktu.

Inggris akhirnya lolos setelahnya menang adu penalti dengan skor 5-3 pasca Manuel Akanji gagal mencetak gol buat Swiss.

Pencetak Gol

Pada menit ke-75, Swiss unggul lebih tinggi dahulu. Breel Embolo meneruskan umpan silang rendah dari Dan Ndoye yang mana gagal dihalau John Stones.

Inggris menyamakan kedudukan pada menit ke-80. Bukayo Saka menjebol gawang Swiss lewat tendangan menyusur dasar lapangan dari luar kotak penalti.

Adu Penalti

Eksekutor Inggris yang digunakan mencetak gol: Cole Palmer, Jude Bellingham, Bukayo Saka, Ivan Toney, Trent Alexander-Arnold.

Eksekutor Swiss yang mencetak gol: Fabian Schaer, Xherdan Shaqiri, Zeki Amdouni
Eksekutor Swiss yang mencetak gol: Manuel Akanji.

Statistik Pertandingan

Penguasaan bola: Inggris 52 persen, Swiss 48 persen
Total tembakan: Inggris 13, Swiss 9
Tembakan terarah: Inggris 3, Swiss 3
Tendangan sudut: Inggris 4, Swiss 3
Kartu kuning: Inggris 1, Swiss 2.

Susunan Pemain

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, menyebabkan satu inovasi pada susunan pemainnya, dari kelompok yang digunakan mengalahkan Slovakia 2-1 dalam sesi 16 besar. Marc Guehi terkena skorsing, sehingga tempat bek kiri ditempati Ezri Konsa.

Pelatih Swiss, Murat Yakin, menurunkan pemain sebanding seperti pada waktu mengalahkan Italia 2-0 ke fase 16 besar.

Timnas Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Ezri Konsa; Kieran Trippier Declan Rice, Kobbie Mainoo, Bukayo Saka: Jude Bellingham, Phil Foden; Harry Kane (c).

Timnas Swiss (3-4-2-1): Yann Sommer; Fabian Schaer, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Fabian Rieder, Remo Freuler, Granit Xhaka (c), Michel Aebischer; Ruben Vargas, Dan Ndoye; Breel Embolo.

Fakta Menarik

Inggris menempati ranking 5 dunia, sedangkan Swiss berada dalam tempat 19.

Ini berubah menjadi perempat final kelima bagi Swiss ke pertandingan besar lalu setiap saat gagal lolos ke semifinal. Di Euro sebelumnya, Turki juga tersingkir di dalam perempat final. Mereka kalah adu penalti 1-3 dari Spanyol, pasca bermain 1-1 hingga sesi perpanjangan waktu.

Ini berubah menjadi pertandingan ke-100 bagi ahli Inggris Gareth Southgate. Ia berubah menjadi instruktur  The Three Lions ketiga yang mencapai tonggak sejarah bergengsi tersebut. Di bawah arahannya Inggris berhasil progresif ke semifinal kompetisi besar ketiganya. 

Performa terbaik Inggris pada Piala Eropa adalah runner-up, pada 2020, pada waktu mereka kalah penalti dari Italia dalam putaran final.

Jadwal Berikutnya

Inggris akan menanti pemenang laga  Belanda vs Turki di dalam putaran semifinal pada Kamis dinihari WIB, 11 Juli. Laga semifinal lainnya akan berlangsung Rabu dinihari, 10 Juli 2024, mempertemukan Spanyol dan juga Prancis.

Artikel ini disadur dari Hasil Euro 2024: Inggris vs Swiss 1-1, The Three Lions Lolos ke Semifinal setelah Menang Adu Penalti 5-3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *