Olahraga

Hasil Euro 2024: Belanda vs Turki 2-1, Tim Oranye Hadapi Inggris ke Semifinal

18
×

Hasil Euro 2024: Belanda vs Turki 2-1, Tim Oranye Hadapi Inggris ke Semifinal

Share this article

Jakarta – Timnas Belanda bangkit dari ketertinggalan serta mengalahkan Turki dengan skor 2-1 pada fase perempat final Euro 2024 di dalam Stadion Olimpiade Berlin, Jerman, Mingguan dini hari WIB. Mereka akan menghadapi Inggris pada semifinal.

Turki mengejutkan Belanda ketika Samet Akaydin menghadirkan negaranya unggul pada menit ke-35. Belanda yang mana mengubah gaya permainan pada fase kedua membalas kemudian kemudian berbalik unggul melalui gol Stefan de Vrij pada menit ke-70 serta gol bunuh diri Mert Muldur pada menit ke-76.

Memphis Depay mengawali ancaman pertama Belanda sewaktu tusukannya menghasilkan ia bebas melakukan tembakan dalam kotak penalti Turki. Namun sayang, striker 30 tahun itu terpelesat sata menendang sehingga bola tembakan kaki kananya yang tersebut alih-alih membahayakan gawang Turki, malah melambung tinggi.

Belanda sesudah itu mengambil alih dominasi permainan. Namun, lima bek yang dipasang Vincenzo Montella menghasilkan Oranye kesulitan menciptakan prospek berbahaya.

Saat Belanda keasikan menyerang, Turki menemukan celah dengan mengeksploitasi ruang kosong di belakang pemain terakhir Oranye sebab melakukan garis pertahanan tinggi.

Bola-bola direct pass sejumlah dikirim para pemain Turki untuk striker merekan Baris Yilmaz yang mana miliki kecepatan serta Belanda pun kewalahan menghadapi pola serangan Ay-Yildizlilar yang digunakan juga sejumlah mengincar situasi bola-bola mati.

Situasi yang mana diharapkan Turki berjalan sesuai rencana. Mereka sejumlah mengungguli bola mati lalu pada akhirnya gol yang digunakan ditunggu-tunggu tercipta pada menit ke-25 melalui sundulan Samet Akaydin yang tersebut maju menyambut umpan silang dari kaki kanan Arda Guler.

Setelah kebobolan, Belanda berupaya mencari gol penyama kedudukan. Namun, gol yang tersebut ditunggu tak kunjung hadir sehingga skor satu gol untuk keunggulan Turki bertahan hingga selesainya sesi pertama.

Pada sesi kedua, instruktur Belanda Ronald Koeman menimbulkan pergantian cepat dengan mengganti Steven Bergwijn untuk memasukkan Wout Weghorst yang mana menemani Depay di dalam depan guna mengganggu harmonisasi lima bek Turki yang dimaksud sangat rapat.

Pergantian yang mana dijalankan Koeman berhasil pasca gawang Belanda hampir kebobolan kedua kalinya melalui tendangan bebas Guler pada menit ke-55, saat Weghorst mendapatkan potensi berbahaya pada menit ke-69 yang tersebut ditepis Mart Gunok yang mana kemudian menghasilkan kembali bola tendangan penjuru bagi Belanda.

Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Belanda saat Stefan de Vrij yang tersebut secara bebas menanduk bola masuk ke gawang Turki pasca memanfaatkan umpan Depay. Poin berubah 1-1.

Oranye bermain semakin percaya diri kemudian enam menit kemudian, melalui tempo serangan cepat, Cody Gakpo memaksa bek sedang Turki Mert Muldur menyarangkan gol bunuh diri pasca menyelesaikan umpan datar Denzel Dumfries. Belanda berbalik unggul 2-1.

Setelah tertinggal, Turki tampil habis-habisan mengejar gol penyama kedudukan. Namun keberuntungan masih tak dalam pihak merek sewaktu tendangan Zeki Celik ke gawang yang dimaksud telah kosong masih diselamatkan Micky van de Ven kemudian kesempatan emas dari jarak dekat Semih Kilicsoy pada menit-menit akhir masih diselamatkan Bart Verbruggen.

Skor 2-1 untuk kemenangan Belanda bertahan hingga akhir laga. Tim Oranye melaju ke semifinal Euro 2024 untuk  melawan Inggris pada Kamis dinihari mendatang di dalam Signal Iduna Park, Dortmund.

Susunan pemain:

Belanda: Bart Verbruggen, Denzel Dumfries, Dtefan de Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Jerdy Schouten, Tijjani Reijnders, Steven Bergwijn, Xavi Simons, Cody Gakpo, Memphis Depay

Turki: Mart Gunok, Mert Muldur, Kaan Ayhan, Samet Akaydin, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu, Arda Guler, Salih Ozcan, Hakan Calhanoglu, Kenan Yildiz, Baris Yilmaz.

Artikel ini disadur dari Hasil Euro 2024: Belanda vs Turki 2-1, Tim Oranye Hadapi Inggris di Semifinal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *