Entertainment

Aktor “The Hunger Games”, Donald Sutherland meninggal di dalam usia 88

53
×

Aktor “The Hunger Games”, Donald Sutherland meninggal di dalam usia 88

Share this article
Aktor “The Hunger Games”, Donald Sutherland meninggal pada pada usia 88

Ibukota – Donald Sutherland, aktor senior jika Kanada yang mana membintangi film “The Hunger Games” meninggal planet dalam Miami, Amerika Serikat pada usia 88 tahun.

Melansir Variety pada Kamis (20/6), selama lebih lanjut dari setengah abad, aktor pemenang Emmy juga Golden Globe itu menerima Oscar kehormatan pada tahun 2017 dikarenakan perannya sebagai penjahat, antihero, pemeran utama romantis, juga figur mentor.

Profilnya meningkat pada dekade terakhir dengan peran pendukungnya sebagai Presiden Snow yang jahat di franchise “The Hunger Games”.

Pria jangkung, kurus, kemudian berwajah panjang itu juga berubah jadi ikon tandingan budaya dengan film-film seperti “The Dirty Dozen”, “MASH”, “Klute”, dan juga “Don't Look Now”, hingga kemudian menikmati kesuksesan yang produktif kemudian karir yang dimaksud luas pada film “Ordinary People” dan juga “Without Limits”.

Baru-baru ini, ia muncul sebagai Hakim Parker dalam serial “Lawmen: Bass Reeves” lalu di serial “Swimming With Sharks” pada tahun 2022.

Peran berulang lainnya termasuk serial “Undoing” dan juga “Trust,” pada mana beliau berperan sebagai J. Paul Getty, juga menampilkan “Ad Astra” juga “The Burnt-Orange Heresy”.

Sutherland meraih kemenangan aktor pendukung Emmy untuk “Citizen X” HBO pada tahun 1995 serta juga dinominasikan pada tahun 2006 untuk miniseri Lifetime “Human Trafficking”.

Setelah apa yang dimaksud disebut Sutherland sebagai “karir kecil yang mana berkelok-kelok”, termasuk peran pada film horor berbiaya rendah seperti “Castle of the Living Dead” tahun 1963 kemudian “Die! Mati! My Darling!,” ia mendapat peran sebagai salah satu dari enam terbawah di “The Dirty Dozen” tahun 1967.

Sutherland menyatakan terhadap Guardian pada tahun 2005 bahwa ia awalnya mempunyai satu baris pada film tersebut, sampai Clint Walker menolak untuk memainkan adegan yang mana mengharuskan beliau untuk menyamar sebagai pribadi jenderal. Menurut Sutherland, sutradara Robert Aldrich yang digunakan tidak ada mengetahui namanya tanpa peringatan menoleh ke arahnya juga berkata, “Kamu! Dengan telinga yang besar! Anda melakukannya!".

Peran cerdik ini sangat cocok untuk Sutherland, yang miliki senyuman serigala dan juga pesona kekanak-kanakan yang digunakan mendebarkan perhatian produser Ingo Preminger, yang mana memerankannya sebagai ahli bedah anti-otoriter Kapten “Hawkeye” Pierce pada film komedi sukses besar tahun 1970-an “MASH”.

“MASH” mengubah Sutherland, serta lawan mainnya Elliott Gould, yang tersebut berperan sebagai Kapten “Trapper” John, berubah jadi bintang besar.

Namun para aktor yang dimaksud terikat tradisi mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan pendekatan improvisasi dan juga seringkali kacau yang diwujudkan sutradara Robert Altman.

Menurut Sutherland, Nama tokoh mencoba memecatnya selama pengambilan gambar tetapi Preminger tetap teguh.

Dalam wawancara Playboy tahun 1976, Nama orang memberikan pandangan berbeda, mengingat Sutherland menyukai gaya penyutradaraannya. “Improvisasinya sangat mendalam. Dia aktor yang hebat,” kata Altman.

Sutherland juga bergabung membintangi Gould di film komedi hitam yang digunakan terinspirasi oleh Alan Arkin tahun 1971, “Little Murders” kemudian sekali lagi pada film “SPYS” yang digunakan disutradarai Irvin Kershner tahun 1974.

Dalam film aksi Perang Global II tahun 1970 “Kelly’s Heroes,” Sutherland bergabung dengan Clint Eastwood, memerankan Sersan Oddball, pribadi komandan tank proto-hippie yang dimaksud memiliki pemikiran yang tersebut tidaklah masuk akal namun mencuri perhatian. (Sutherland bergabung kembali dengan Eastwood di “Space Cowboys” tahun 2000, kali ini berperan sebagai mantan pilot jagoan).

Selanjutnya dengan “Klute” tahun 1971, sebuah film thriller/studi karakter yang dimaksud disutradarai oleh Alan J. Pakula lalu dibintangi oleh Jane Fonda, Sutherland muncul sebagai pemeran utama romantis yang mana kredibel.

Dia memerankan pribadi detektif bermasalah yang digunakan jatuh cinta dengan pribadi gadis panggilan (Fonda) yang beliau lindungi dari seseorang pembunuh sadis.

Fonda kemudian memberi penghargaan untuk Sutherland berhadapan dengan penampilan aktris terbaiknya yang digunakan mengungguli Oscar, lantaran "semua perasaan intens yang dimaksud saya alami" dengannya.

Keduanya sedang menjalin hubungan cinta pada ketika itu, kemudian hubungan yang dimaksud mengakibatkan kebijakan pemerintah antiperang Sutherland.

Dia terlibat dengan Vietnam Veterans Against the War dan bersama dengan Peter Boyle kemudian Howard Hesseman, Fonda serta Sutherland mengadakan pertunjukan keliling yang dimaksud disebut FTA (Free the Army, yang dimaksud dikenal sebagai F**k the Army).

Pentagon gagal di upayanya menjauhkan pasukan dari pertunjukan hingga FBI mengawasi Sutherland lalu Fonda.

Diketahui, Sutherland lahir ke Saint John, Kanada. Ia belajar dalam Akademi Musik serta Seni Drama London sebelum mendapatkan peran di acara TV juga film Inggris seperti “The Avengers” dan juga “The Saint”.

Bintang dan juga sutradara “The Saint” Roger Moore merekomendasikan beliau terhadap produser “The Dirty Dozen,” kemudian pasca kesuksesan film itu ia pindah ke Hollywood.

Sutherland meninggalkan istrinya Francine Racette, putra Roeg, Rossif, Angus, serta Kiefer, putri Rachel, kemudian empat cucu.

Artikel ini disadur dari Aktor “The Hunger Games”, Donald Sutherland meninggal di usia 88

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *